Pengaruh Sensory Brand Experience Terhadap Brand Loyalty: Peran Brand Attitude sebagai Mediator (Studi Kasus Konsumen di Hotel Ibis Samarinda)

Authors

  • Muhammad Zulfitri Hibatul Wafi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Author
  • Marsha Anindita Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Author

DOI:

https://doi.org/10.30650/cjzwk204

Keywords:

sensory brand experience, brand attitude, brand loyalty

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Sensory Brand Experience terhadap Brand Loyalty: Peran Brand Attitude sebagai mediator (Studi kasus konsumen di hotel Ibis Samarinda). Di era globalisasi dan meningkatnya jumlah wisatawan, penting bagi hotel untuk menciptakan pengalaman yang berkesan bagi tamu. Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan Teknik survei, melibatkan 201 responden yang menginap di Hotel Ibis. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sensory Brand Experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Attitude dan Brand Loyalty. Uji hipotesis pertama membuktikan bahwa pengalaman sensorik meningkatkan sikap konsumen terhadap merek, sementara uji kedua menunjukkan sikap merek yang psoitif berkontribusi pada loyalitas konsumen. Penelitian ini juga menemukan bahwa Sensory Brand Experience tidak hanya berdampak langsung pada Brand Loyalty, tetapi juga melalui mediasi Brand Attitude. Implikasi manajerial dari temuan ini menyarankan manajemen Hotel Ibis untuk fokus pada pengembangan pengalaman merek sensorik yang menyeluruh, meningkatkan pelayanan, dan menerapkan program loyalitas yang menarik bagi konsumen. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan penting bagi strategi pemasaran di industry perhotelan, serta kontribusi bagi pengembangan teori terkait pengalaman merek dan loyalitas pelanggan. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen di berbagai konteks hotel.

Downloads

Published

2025-08-15